Ming. Sep 22nd, 2019

Kapolda Sumut imbau seluruh ormas jaga kondusifitas

fokusmedan : Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto mengimbau kepada seluruh ormas di Sumut untuk  menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Polda Sumut menanggapi kejadian bentrok ormas yang berlangsung di Jalan Eka Rasmi, Kecamatan Medan Johor, Minggu (8/9) lalu.

“Jaga kamtibmas yang merupakan hak masyarakat secara umum,” sebutnya kepada fokusmedan.com, Senin (9/9).

Selain itu, dengan masih saja terjadinya bentrokan ormas hingga menelan korban, Agus juga mengaku telah mengintruksikan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto supaya segera berkonsultasi dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk mempersangkakan para ketua ormas yang terlibat bentrokan.

Menurutnya, kelalaian ketua ormas pemuda dalam pengendalian anggotanya, menyebabkan perkelahian atau bentrok massa sehingga mengakibatkan adanya korban luka atau meninggal dunia.

“Hal ini agar membuat jera kepada anggota maupun ketua ormas. Kita lagi koordinasi dengan JPU untuk buat efek jera, kalau bisa diterima kita akan buat,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, dalam peristiwa bentrokan itu dua orang atas nama Sahdilla Hasan Afandi (19) tahun luka parah sehingga harus dilarikan ke RS Mitra Sejati dan juga Budi mengalami luka ditangan kanan.(riz)