Kapolri dan Panglima minta prajurit TNI-Polri kompak jaga keamanan jelang pilkada

fokusmedsn : Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberi pengarahan tentang pengamanan Pilkada kepada ribuan prajurit TNI dan Polri. Keduanya meminta agar keamanan negara terus meningkatkan dan bersinergi agar penyelenggaraan Pilkada bisa berjalan baik dan damai. Sehingga, keutuhan negara tetap bisa terjaga.

“Politik kami (adalah) politik negara, artinya kami bertekad menjaga bangunan NKRI tetap utuh baik dari masalah internal apalagi eksternal,” kata Tito di Grand Ballroom Sudirman Jl. Sudirman, Kota Bandung, Sabtu (21/4).

Tito menyebut, pihaknya siap jadi motor utama dalam rangka mengangkat harkat bangsa Indonesia. Sehingga, Indonesia tidak menjadi bangsa yang didominasi bangsa lain.

Apalagi, Indonesia memiliki tiga syarat utama sebagai negara dominan di kawasan. Yakni, jumlah penduduk yang besar, sumber daya alam yang melimpah dan wilayah negara yang luas.

“Karena kompetisi antar negara menjadi sangat tinggi, dalam konteks itu pilkada salah satunya inilah kegiatan politik praktis TNI Polri tidak mengambil bagian dari politik praktis itu,” ucapnya.

Di tempat yang sama, TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah roadshow dua institusi yang dilakukan ke hampir di seluruh wilayah Indonesia.

TNI Polri ditegaskan punya satu tujuan untuk bersatu supaya terjadi netralitas saat pelaksanaan pilkada serentak dan tahapan pemilu 2019. Apalagi, bangsa Indonesia harus waspada dengan ancaman global serta ancaman cyber yang telah memunculkan dampak negatif berupa penyebaran berita.hoax.

“Jadi soliditas ini sangat penting sehingga pelaksanaan di lapangan mendapatkan satu kesamaan pola pikir, tindak dan sikap diharapkan pilkada semua sesuai dengan yang kita harapkan yaitu berhasil sukses,” kata Hadi.(yaya)