Ming. Sep 22nd, 2019

Kapolri Pimpin Serah Terima Jabatan Sejumlah Jenderal

fokusmedan : Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan beberapa Perwira Tinggi Polri seperti Irjen Hamidin yang sekarang menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT). Jabatan tersebut sebelumnya diisi oleh Irjen Raja Erizman yang kini menjabat sebagai Kadiv TIK Polri. Sedangkan posisi Kadiv TIK Polri sebelumnya, Irjen Prasta Wahyu Hidayat diangkat menjadi Kasespim Lemdiklat Polri.

Lalu, yang menggantikan posisi Hamidin yakni Irjen Mas Guntur Laupe yang sebelumnya menjabat Kadivkum Polri. Sedangkan, mengisi jabatan Kadivkum Polri yakni Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho, yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Selanjutnya, Kapusdokkes Polri akan dijabat oleh Brigjen Musyafak. Musyafak yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Pusat Polri ini menggantikan posisi Irjen Farley Helfrich Arthur Tampi yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Pusdokkes Polri. Posisi Musyafak akan diisi oleh Kombes Rusdianto yang sebelumnya menjabat Sespusdokkes Polri.

Selain memimpin upacara tersebut, dikutip dari merdeka.com, Tito juga langsung memimpin pembacaan sumpah serah terima jabatan yang diikuti oleh pejabat Polri yang melakukan serah terima jabatan.

“Bahwa saya selaku pejabat kepolisian Negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila UUD RI tahun 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian kesadaran dan tanggung jawab,” kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (13/9).

Usai melakukan sumpah serah terima jabatan, Tito menuturkan banyak konsekuensi yang harus diterima oleh anak buahnya tersebut.

“Apabila melanggar sumpah ini akan menjadi konsekuensi di dunia dan akhirat,” tuturnya.(yaya)