NASIONAL

Kasus First Travel bikin masyarakat waspada pakai agen perjalanan untuk umroh

fokusmedan : Maskapai penerbangan Garuda Indonesia kembali menggelar Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) phase II di tahun 2017. GATF phase II dilaksanakan di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Tidak hanya tiket murah untuk jalan-jalan, ajang ini juga dimanfaatkan masyarakat mencari tiket murah untuk pergi umroh. Seperti Dini dan suaminya.

“Ke sini cuma lihat-lihat tiket umrah,” kata Dini, di JCC Senayan, Minggu (24/9).

Dini mengaku dirinya merasa was-was semenjak terjadinya kasus penipuan First Travel. Karenanya, dia ingin memilih dengan cermat agen perjalanan umrah.

“Pastinya (was-was), ngeri kan makanya harus waspada. Datang ke sini pengen lihat langsung kayak gimana agen-agen travelnya,” ujarnya.

Untuk menghindari penipuan, Dini mengaku punya kiat khusus memilih agen travel. Pertama, harus mengetahui agen tersebut sudah terkenal atau belum.

“Punya nama besar, pengalamannya berapa lama sama lihat fisiknya secara langsung kayak gimana orang-orangnya,” jelasnya.

Meski demikian, dikutip dari merdeka.com, Dini yakin agen-agen yang mengikuti pameran merupakan agen yang terpercaya. “Kalau yang ikut pameran setidaknya bonafit lah.”

Namun, perempuan yang sebelumnya sudah pernah menunaikan ibadah haji ini mengaku belum menemukan agen yang cocok.

“Masih banding-bandingin harga-harganya gak murah ternyata,” pungkasnya sambil membolak-balik brosur di tangannya.(yaya)