Sab. Sep 21st, 2019

Kawanan gajah liar ganggu permukiman warga di Pidie

img_1680

fokusmedan : Konflik gajah dengan manusia kembali terjadi di Gampong Lala, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie, Aceh. Belasan kawanan hewan dilindungi ini mulai masuk permukiman dan perkebunan dan meneror warga.

Dilansir merdeka.com, Kondisi ini sudah beberapa kali dialami oleh warga setempat. Warga pun sekarang mulai resah. Selain itu kawanan gajah ini juga merusak tanaman milik warga.

Warga setempat dibantu Ranger dan CRU Kecamatan Mane pun sudah berusaha mengusir gajah liar tersebut dari perkampungan. Akan tetapi kawanan gajah itu masih saja belum beranjak jauh dari perkebunan warga.

“Sudah dua hari kami usir gajah dengan menggunakan mercon, tapi belum berhasil. Malah tanaman kami dirusak seperti pisang, pinang, kela dan lainnya,” kata salah seorang warga, Bakhtiar, Minggu (8/1).

Warga berharap, pemerintah agar bisa segera menangani konflik satwa ini sebelum ada jatuh korban jiwa. Karena konflik satwa ini banyak merugikan warga setempat, karena tanaman produktif dirusak.

“Saat ini gajah sering berkeliaran di sekitar tempat kami tinggal, kami merasa takut dengan kondisi seperti ini,” tutup Bakhtiar.(yaya)