Sen. Des 16th, 2019

Kereta Bandara Kualanamu Mulai Gunakan Jalur Layang

fokusmedan : Kereta Railink yang melayani rute Medan-Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, resmi menggunakan jalur layang yang dibangun di Kota Medan sejak Minggu (1/12). Frekuensi perjalanan pun bertambah seiring semakin pendeknya waktu tempuh.

“Berdasarkan Gapeka (Grafik Perjalanan KA) 2019, perjalanan KA dari 40 perjalanan pada Gapeka 2018 menjadi 50 perjalanan,” kata Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, ‎M Ilud Siregar, Senin (2/12).

Dengan pengoperasian jalur layang itu, waktu tempuh Medan-Bandara Kualanamu berkurang dari 31 menit menjadi 28 menit. Semakin pendeknya waktu tempuh itu karena jalur layang itu menggunakan lintasan ganda, sehingga tidak ada lagi waktu tunggu di stasiun.

Respons Masyarakat

Keuntungan lain dari pengoperasian jalur ganda ini adalah semakin sedikitnya frekuensi kereta api yang melewati perlintasan sebidang. Jalur itu hanya dilalui dilintasi kereta api Tanjung Balai, Labuhan Batu, dan Pematang Siantar serta kereta api barang.

“Keuntungannya peningkatan pelayanan. Kita dapat mengurangi kemacetan pintu-pintu perlintasan,” kata Ilud.

Seorang penumpang, Lusi, mengaku terkejut kereta bandara melintasi jalur layang. “Saya terkejut biasanya kan di bawah. Kerenlah,” ucapnya.

Pengoperasian jalur layang ganda ini juga akan membantu kelancaran angkutan Natal dan Tahun Baru. PT KAI Divre I memperkirakan jumlah penumpang pada masa padat itu meningkat sekitar 3 persen dibanding tahun lalu.(yaya)