NASIONAL

Khawatir Ricuh, KPU Usul Nobar Debat Capres Ketiga Ditiadakan

fokusmedan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengevaluasi substansi gelaran nonton bareng atau nobar debat capres dan cawapres. KPU mengusulkan jika gelaran nobar ditiadakan di debat ketiga.

“Itu masih sifatnya usulan. Nanti beberapa hal keputusannya diambil di rapat minggu depan, karena kalau dari sisi kepentingan debat kandidat sebenarnya tidak terlalu penting (nobar),” kata Komisioner KPU Pramono Ubaid di Hotel Le Meridien di Jakarta, Kamis (21/2).

Dikutip dari merdeka.com, KPU awalnya berpandangan gelaran nobar menjadi ajang semarak dari perhelatan akbar debat kandidat. Namun kenyataannya, nobar yang dihadiri antara pendukung pasangan calon malah berpotensi ricuh.

“Ya itu makanya, yang terjadi malah memperkuat gesekan, memberi peluang orang provokasi. Ledakan misalnya kemarin, mungkin orang memancing di air keruh, malah bisa saling tuding antar kedua belah pihak. Kan jadi berbahaya,” jelas Pramono.

Diketahui pada debat kedua di wilayah nobar sekitaran Hotel Sultan Jakarta, terjadi ledakan yang dinyatakan petasan oleh pihak berwajib. Sumber ledakan tersebut tak jauh dari titik lokasi nobar kubu 01.

Akibatnya, saling tuduh terjadi antar simpatisan yang berujung ke Badan Pengawas Pemilu. “Kita serahkan ke Bawaslu itu ya kalau ada laporan itu,” ucap Pramono.(yaya)