NASIONAL

Kim Jong-un tiba di Singapura, naik limusin menuju hotel

fokusmedan : Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dan Menteri Pendidikan Ong Ye Kung menyambut kedatangan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Bandara Changi sore ini.

Kim menumpangi pesawat Air China dan mendarat di Changi pukul 14.30. Sejumlah pengamat sempat menyoroti jet pribadi Kim, Ilyushin-62 buatan era Uni Sovyet, yang dinilai tidak memadai untuk membawa Kim dari Pyongyang sampai ke Singapura.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Minggu (10/6), Balakrishnan menyalami Kim yang tampak tersenyum. Kim terlihat memakai pakaian safari khasnya ala Mao. Foto itu diunggah di laman Facebook kedua menteri Singapura itu.

“Menyambut kedatangan Ketua Kim Jong-un bersama Vivian Balakrishnan beberapa saat lalu,” tulis Ong di Facebooknya.

Kim kini sudah tiba di Hotel St Regis tempat dia menginap selama di Singapura untuk bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Kedua pemimpin negara itu akan bertemu di Hotel Capella di Pulau Sentosa membahas denuklirisasi dan imbalan bantuan ekonomi.

Iring-iringan mobil rombongan Kim dan mobil limusin yang ditumpanginya tampak dikawal petugas kepolisian bermotor di Singapura. Kim tiba di Singapura lebih dulu sebelum Trump yang dijadwalkan akan mendarat malam nanti.

Kawasan Sentosa dan Tanglin sudah dirancang untuk menggelar peristiwa penting dan petugas keamanan sudah mengamankan wilayah itu sejak pekan lalu.

Lebih dari 2.500 jurnalis akan meliput acara besar ini dan mereka ditempatkan di media centre di gedung F1.

Pertemuan kedua pemimpin ini akan sangat penting, dan Trump mengatakan kepada wartawan kemarin dia yakin sudah bisa menerka apakah Kim benar-benar bersedia melucuti nuklirnya di menit-menit awal menit perbincangan mereka nanti.

“Soal itu masih belum diketahui, masih benar-benar misteri,” ujar Trump dalam pertemuan negara G7 di Quebec, Kanada kemarin.

Dikutip dari merdeka.com, Kim dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong sore ini.(yaya)