Rab. Okt 16th, 2019

Koalisi Jokowi Kawal Pelaksanaan Visi dan Misi Presiden Lewat AKD DPR

fokusmedan : Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan DPR harus mengawal pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024. Salah satu cara mengawalnya dengan mengisi pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPR dengan partai koalisi pendukung pemerintah.

“Bukan dalam artian itunya, tapi kita harus jaga mereka ini kan menyampaikan program kerjanya di RKAKL (Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Lembaga) nya, program yang dilaksanakan harus kita kawal juga,” kata Cucun di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10).

Dikutip dari merdeka.com, Cucun mengatakan hal semacam itu memang perlu dilakukan. Sehingga apa yang menjadi visi dan misi Jokowi bisa terlaksana dengan baik.

“Siapapun yang pegang AKD sama-sama menjaga para kader-kader partainya yang dipercaya Pak Presiden untuk menduduki kabinet di sini keputusan-keputusannya untuk tujuan percepatan kesejahteraan pembangunan masyarakat harus kita kawal. Teman-teman kan paham juga, kadang-kadang hanya untuk memperlihatkan positioning oposisi koalisi kan bisa terlihat, kadang program bagus malah engga jalan, itu harus kita kawal,” ungkapnya.

Tambahnya tidak selalu menteri yang dijabat oleh partai tertentu maka pimpinan komisinya harus diisi oleh partai yang sama. Sebab, kata dia, komisi dipimpin secara kolektif kolegial.

“Tidak perlu sampai PKB juga kan kalau di koalisi, sesama teman koalisi kita saling jaga kita bareng-bareng, mungkin tak perlu sama PKB, bisa sama fraksi lain tapi sama-sama di koalisi,” ucapnya.(yaya)