NASIONAL

KPK sebut 512 dari 570 calon kepala daerah telah lapor kekayaan

fokusmedan : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyiapkan aplikasi e-LHKPN untuk memudahkan para calon kepala daerah melaporkan harta kekayaan mereka. Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan sekitar 512 dari 570 calon kepala daerah telah lapor harta kekayaan ke KPK.

“Kalau kita lihat sampai hari ini dari 570 calon itu sudah 512 yang sudah menerima tanda terima laporan. Jadi tinggal sedikit sekali yang kemudian akan melaporkan. Harapan kami calon-calon (yang lain) segera daftarkan,” kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/1).

Selain itu, dikutip dari merdeka.com, Agus mengaku telah berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian membicarakan soal maraknya praktik politik uang di Pemilu.

“Yang terkait langsung kemudian, saya pimpinan berlima pernah bertemu dengan pak Kapolri. Kemudian pak Kapolri menyampaikan keprihatinannya soal begitu borosnya atau terjadinya money politik,” tegasnya.

KPK dan Polri sepakat membuat satuan tugas anti politik uang di instansi masing-masing. Namun, kata Agus, pihaknya menyadari memiliki keterbatasan dalam penindakan karena hanya terkait penyelenggara dan kerugian uang negara.

“Kapolri menyampaikan gimana supaya ada deretan efek, itu mulai ada langkah-langkah penegakan hukum. Jadi di Polri bikin satgas dan KPK bikin satgas,” ujar Agus.(yaya)