NASIONAL

KPU Fasilitasi Peserta Pemilu Lihat Angka NIK Secara Lengkap dalam DPT

fokusmedan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) memfasilitasi para peserta pemilu 2019 melihat Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang diberi tanda bintang di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). KPU akan membuka nomor tersebut untuk peserta pemilu. Syaratnya, para peserta atau timses bisa langsung datang ke KPU.

“Kami memfasilitasi peserta pemilu yang ingin mengecek DPT (Daftar Pemilih Tetap) itu bukan hanya besok, tapi setelah penetapan DPT-pun bisa silahkan,” kata Komisioner KPU Viryan Azis di kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (13/12).

Hal ini sebagai alternatif supaya pihak partai bisa melihat lebih detail soal NIK maupun DPT. Pasalnya para parpol tak punya akses untuk melihat data secara gamblang.

“Mereka tidak bisa melakukan pengecekan detail karena data yang diterima oleh parpol NIK-nya 4 digit terakhir diganti tanda bintang,” ucap Viryan.

“Jadi akan kami siapkan oleh tim datin (data informasi). Tujuannya agar memastikan aspek keterbukaan dan transparansi KPU kepada peserta pemilu,” tambahnya.

Viryan menampik, dibukanya nomor bintang tersebut karena desakan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

“Kan sudah sejak tangal 6 september mekanisme ini kita lakukan. Dan kami bersedia memberikan akses sampai setelah DPT ditetapkan. Silakan kalau ingin tau,” tandasnya

Bila ingin melihat NIK itu, Viryan mengimbau para peserta pemilu bisa memberitahu pihak KPU sehari sebelumnya. Dikutip dari merdeka.com, malam ini pun KPU melakukan rapat bersama pihak dua timses paslon Pilpres membahas soal DPT.

“Malam ini disampaikan dahulu perkembangannya bagaimana,” tandasnya.(yaya)