NASIONAL

KPU resmi laporkan penyebar video hoaks ke Polda Sumut

fokusmedan : Terkait beredarnya video hoaks akan surat suara tercoblos ke pasangan Capres nomor urut  01 membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara dan KPU Medan secara resmi melaporkan hal tersebut ke Polda Sumut, Minggu (3/3).

Selain dianggap dapat memprovokasi dan menjelekkan nama baik KPU Sumut dan KPU Medan sebagai penyelenggara Pemilu, laporan yang disampaikan ke Polda Sumut merupakan bentuk pembelajaran kepada masyarakat agar tidak sembarangan menyebarkan informasi yang belum teruji kebenarannya.

Komisioner Divisi Advokasi dan Hukum KPU Sumut, Ira Wartati menjelaskan peristiwa ini merupakan hoaks pertama yang menyerang KPU Sumut dan KPU Medan.

“Laporan kita adalah dugaan pencemaran nama baik. Karena dalam video itu kita merasa KPU Sumut telah diciderai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” sebutnya kepada fokusmedan.com, usai membuat laporan di Mapolda Sumut.

Ia mengatakan, pihaknya telah melaporkan videi hoaks itu karena salah satu akun menyebut kejadian itu di KPU Medan.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja menegaskan, pihaknya akan menyelidiki kasus serangan hoaks ke penyelenggara Pemilu.

“Akan kita tindaklanjuti laporannya. Kita akan bekerja semaksimal mungkin untuk mengungkap siapa pelaku penyebar hoaks,” tegasnya.

Pihaknya juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati memyebarkan kabar hoaks karena ada pidana yang menanti untuk para penyebarnya.

“Polda Sumut akan mengungkap dan akan melakukan penindakan. Kami tidak main-main,” pungkasnya.(riz)