Sel. Nov 19th, 2019

KPU Sumut laporkan video hoaks, Polda Sumut kini kumpulkan saksi dan bukti

fokusmedan : Polda Sumut telah menerima laporan yang dilayangkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut dan Medan atas video hoaks surat suara tercoblos ke pasangan Capres 01.

Terkait hal tersebut, Kasubbid Penmas Poldasu AKBP MP Nainggolan menyampaikan, laporan dari lembaga penyelenggara pemilihan umum tersebut masih dalam tahap penyelidikan.

“Iya, laporannya masih di lidik,” sebutnya kepada fokusmedan.com, Senin (4/3).

Ia mengatakan, sebagai tahap awal pihaknya akan melakukan pengumpulan terhadap saksi dan bukti terlebih dahulu. Hal ini, kata dia, dilakukan untuk memenuhi unsur penyelidikan.

Disinggung mengenai desakan KPU Medan agar Poldasu bergerak cepat mengusut penyebar video hoax tersebut, MP Nainggolan menegaskan jika laporannya pasti akan ditindaklanjuti. Ia menuturkan, tanpa diminta sekalipun, kepolisian akan bekerja.

“Pasti kita tindak lanjuti, nggak ada cerita itu. Gk usah diminta pun kami akan bekerja. Tapi kami kan bekerja harus sesuai prosedur,” ujarnya.

Menurutnya dalam menghadapi kabar hoaks, media harus terus mensosialiakan kepada masyarakat atas kebenaran yang terjadi. Disatu sisi, lanjutnya, Patroli Cyber dari kepolisian juga akan terus bekerja.

“Tapi yang terpenting itu, sosialisasikan ke masyarakat untuk tidak mudah percaya kepada berita yan tidak jelas asal usulnya,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, laporan video hoaks tersebut dilayangkan KPU ke Polda Sunut, karena dianggap dapat memprovokasi dan menjelekkan nama baik KPU sebagai penyelenggara Pemilu.(riz)