Lebaran, PLN janjikan tidak ada pemadaman listrik

fokusmedan : Kebutuhan ketersediaan listrik selama Lebaran sangat besar. Sebab, sebagai salah satu kebutuhan vital masyarakat, kelangkaan pasokan listrik tentu mengurangi momen berkumpul bersama keluarga di saat Lebaran.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjamin tidak akan terjadi pemadaman listrik selama Lebaran. Hal ini diungkapkan Dirut PLN, Sofyan Basyir di sela-sela acara buka bersama anak yatim dan dhuafa di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (19/6).

“Pemadaman tidak ada. Pemadaman tidak boleh,” ungkap Sofyan.

Dia pun menjelaskan pihaknya akan berusaha mengurangi hambatan dan gangguan yang bisa menyebabkan pasokan listrik ke masyarakat terganggu. “Adanya gangguan seperti pohon jatuh, mobil menabrak tiang, ya kan mati listriknya,” jelasnya.

Namun, dikutip dari merdeka.com, apabila memang PLN terpaksa harus melakukan pemadaman, dia menjanjikan jangka waktunya tidak lama. “Kalau pemadaman itu dengan disengaja, bahwa pasokan tidak cukup dan harus melakukan pemadaman, atau pemeliharaan jaringan, ada gardu meledak. Tapi itu hanya gangguan, berjam-jam selesai,” tandasnya.

Dia juga menyampaikan kebutuhan listrik pada masa Lebaran akan mengalami penurunan drastis hingga 40 persen. Ini disebabkan sektor industri sebagai pengguna listrik terbesar tidak beroperasi selama Lebaran.

“Biasanya kalau Lebaran hari kedua turun luar biasa. Drastis kira-kira bisa sampai 30, 40 persen turun permintaannya. Secara nasional turun. Pengalaman yang lalu-lalu. Industri yang terbesar,” pungkasnya.(yaya)

Comments are closed.