Sen. Des 16th, 2019

Ledakan Granat Asap di Monas, DPR Minta Pengamanan di Ring 1 Dievaluasi

fokusmedan : Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin menilai perlu ada evaluasi pengamanan di sekitar ring 1 sekitar Istana Negara pasca-ledakan granat asap di Monas. Ledakan terjadi di area sisi utara Monas, tepat di seberang Kantor Kementerian Dalam Negeri dan dekat dengan Istana.

“Ya tentu evaluasi itu, tentu (perlu) dalam areal yang cukup prime ya. Krusial,” kata Azis di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (3/12/2019).

Apalagi, kawasan Monas juga menjadi salah satu pusat wisata dan olahraga di warga Jakarta. Azis meminta kepolisian menuntaskan masalah keamanan di kawasan tersebut.

“Itu juga tempat orang berolahraga kalau pagi hari orang berolahraga dari jam 5 sampai jam 7-an olahraga di situ. Nanti kami minta pada aparat kepolisian bisa menuntaskan masalah ini. Tentu bekerjasama dengan instansi-instansi lembaga terkait dan penuntasan masalah yang mengganggu rasa aman masyarakat,” ujarnya.

Dikutip dari merdeka.com, pihaknya  menyampaikan keprihatinan atas dua anggota TNI yang menjadi korban ledakan. Aziz berharap, Serka Fajar dan Praka Gunawan Yusuf lekas sembuh.

“Mudah-mudahan yang terluka bisa cepat sembuh dan mungkin pada saat itu tidak dilihat ini sebagai benda aneh yang dapat meledak, kemudian dibuka ternyata saat dibuka meledak,” ucapnya.

“Memang SOP mekanismenya harus dilakukan oleh tim khusus, karena kondisinya kan saat itu pagi ya. Dan mudah-mudahan nanti pihak kepolisian, dalam hal ini Densus 88 bisa segera mengusut tuntas dan mencari otak pelakunya,” tambah Aziz.

Dia menyatakan belum saatnya menyimpulkan motif ledakan ini apakah terkait aksi terorisme atau bukan. Terkait persiapan Natal dan Tahun Baru, Aziz berharap polisi dan masyarakat bekerjasama menciptakan rasa aman dan damai.

“Apakah motif ini berkaitan dalam hal radikalisme, masih harus kita tuntaskan atau tidak. Dan khusus dalam rangka menyambut hari natal dan tahun baru kita harapkan pihak kepolisian juga dari seluruh elemen masyarakat membantu agar perayaan natal dan tahun baru merupakan perhelatan bersama memberikan rasa aman dan tenang,” tandas Aziz.(yaya)