EKONOMI & BISNIS

LPS: Kenaikan BI Rate sudah mulai diterima pasar

fokusmedan : Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Halim Alamsyah mengatakan kenaikan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 5,25 persen mulai menunjukkan dampak yang positif. Hal ini ditunjukkan oleh adanya aliran modal masuk (inflow).

“Tampaknya kenaikan BI Rate yang terakhir sudah mulai diterima oleh pasar. Minggu lalu sudah terjadi inflow (aliran modal masuk),” kata Halim di kantornya, Rabu (18/7).

Halim menjelaskan para investor asing sudah mulai kembali membeli surat berharga Indonesia. “Artinya mereka sudah menganggap yield di pasar SBN (Surat Berharga Negara) sudah menarik, ini sangat dinamis,” imbuhnya

Sebelumnya, dampak kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sudah mulai terlihat. Dana asing kembali masuk ke Indonesia karena kenaikan suku bunga tersebut.

Dikutip dari merdeka.com, Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, aliran masuk dana asing atau capital inflow sudah terlihat usai kenaikan BI 7-Days Reverse Repo Rate ke level 4,75 persen. Aliran asing tersebut masuk dalam bentuk surat utang atau obligasi.

“Investor asing terus tumbuh dan semakin kuat terhadap Indonesia. Aliran modal asing yang masuk baik dalam bentuk obligasi pemerintah maupun korporasi,” kata Perry di Gedung BI, Jumat (7/6).(yaya)