NASIONAL

Malam ini diperediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak

fokusmedan : H-3 Lebaran diperkirakan menjadi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Pantauan merdeka.com pukul 22.10 WIB, pemudik pejalan kaki maupun yang menggunakan roda dua dan empat mulai memenuhi Pelabuhan Merak.

Loket pembelian tiket pejalan kaki dipadati pemudik. Namun kondisi antrean di loket masih terlihat lancar dan pemudik bisa memasuki kapal tanpa antrean panjang. Sebagian besar pemudik memilih pulang ke kampung halamannya pada malam ini, karena hari ini merupakan hari terakhir bekerja.

“Hari kan baru mulai libur, jadi pulang hari ini,”ujar Yudi, pemudik asal Kebon Jeruk yang akan menuju Lampung.

Sementara itu, General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Fahmi Alweni memprediksi pada H-3 merupakan puncak arus mudik. Pihaknya telah menyiapkan personel untuk melayani pemudik.

“Kami memprediksikan di H-3 malam ini puncak arus mudik di Merak. Kami menyiapkan personel untuk melayani membludaknya penumpang,” katanya kepada wartawan.

Fahmi mengungkapkan, total penumpang yang sudah diseberangkan ke melalui Pelabuhan merak menuju Bakauheni sejak H-8 sebanyak 561.874 orang. “Kalau kami melihat, secara umum sudah 52 persen yang sudah menyeberang. Artinya masih ada 48 persen belum menyeberang,” ujar Fahmi.

Untuk diketahui, untuk menyisipkan lonjakan pihak ASDP mengoperasikan sebanyak 36 kapal roro, 25 diantaranya kapal dengan kapasitas besar diatas 8.000 Gross Tonnage (GT) dan mengaktifkan 6 dermaga yang ada di Pelabuhan merak.(yaya)