GAYA HIDUP

Membatasi Jumlah Kalori Harian Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup

fokusmedan : Mengurangi konsumsi kalori ternyata tak hanya membawa dampak positif dalam menurunkan berat badan saja. Ternyata secara mengejutkan mengurangi asupan kalori sehari-hari dapat menimbulkan efek positif pada banyak hal dalam kehidupanmu termasuk pada seks.

Dilansir dari Health24, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa terdapat pengaruh antara mengurangi asupan kalori dengan aspek kehidupan seksualmu. Penelitian ini coba melihat apakah pembatasan kalori dapat berefek pada sejumlah aspek kehidupan seperti mood, tidur, dan seks.

Sebelumnya, dikutip dari merdeka.com, kelompok peneliti yang sama telah menemukan bahwa pada orang-orang yang kelebihan berat badan tak berlebih, membatasi kalori hingga 25 persen selama dua tahun dapat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol yang terbakar. Sebagai hasil, berat badan juga berkurang serta risiko penyakit jantung juga menurun.

Pada penelitian kedua, hasil positif juga dicatat dari perilaku membatasi jumlah kalori ini. Selama penelitian ini, diketahui juga bahwa orang-orang yang mengonsumsi kalori lebih sedikit hingga 25 persen, rata-rata berat badannya turun 6,8 kilogram.

Hal lain yang patut dicatat adalah mood yang mereka miliki juga lebih membaik, selain itu mereka merasa lebih bertenaga, tekanan lebih rendah, serta kesehatan yang lebih baik. Mereka juga menunjukkan kehidupan seks yang lebih baik, hubungan yang lebih baik, serta kualitas tidur yang meningkat.

Sebagai catatan penting, pengurangan kalori pada penelitian ini dilakukan tanpa membuang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Setiap kalori yang dikonsumsi sudah diperhitungkan secara baik.

Menilai asupan kalori ini tentu sangat penting terutama jika kamu sudah memiliki berat badan ideal tanpa lemak berlebih. Hal ini membuat kamu harus tetap mengonsumsi berbagai sumber nutrisi penting sebelum benar-benar membatasi asupan kalori ini.(yaya)