Menko Darmin berharap peringkat kemudahan bisnis RI salip Vietnam

fokusmedan : Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, optimistis peringkat kemudahan berbisnis atau ease of doing business (EoDB) Indonesia meningkat. Di mana saat ini, Bank Dunia sedang melakukan survei kemudahan berbisnis di Indonesia terutama di Surabaya dan Jakarta.

“Kita percaya akan meningkat, tinggal berapa meningkatnya? Tahun lalu kita naik 15 peringkat. Pertanyaannya bisa enggak 15 lagi? Kalau bisa, kita mulai bersaing,” ujar Menko Darmin di Kantornya, Jakarta, Rabu (6/7).

Menko Darmin mengatakan pemerintah Jokowi-JK memiliki target khusus untuk kenaikan peringkat Indonesia terkait EoDB tahun ini. Selain itu, pemerintah juga menargetkan dapat melampaui Vietnam dalam peringkat EoDB.

“Dia (Vietnam) yang kita paling penasaran. Artinya, itu kan banyak negara. Malaysia sudah jauh, rankingnya 20 berapa, Thailand 40 berapa. Kita itu masih peringkat 91, tapi Vietnam 80 sekian. Nah, yang dekat dong target kita, jangan yang jauh,” jelasnya.

Saat ini, dikutip dari merdeka.com, pemerintah telah mempersiapkan tim khusus untuk mendampingi Bank Dunia dalam memperoleh informasi tentang kemudahan berbisnis di Indonesia. “Mereka akan selesai akhir Juni. Habis itu mereka proses seluruh dunia. lalu proses sampai Agustus. bulan Oktober diterbitkan,” pungkasnya.

Comments are closed.