NASIONAL

Menko Luhut ungkap akan ada LRT di Bali

fokusmedan : Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan pemerintah berencana membangun kereta api ringan Light Rail Transit (LRT) di Bali. Dia mengungkapkan akan ada investasi sebesar Rp 2 triliun untuk membangun LRT di Bali.

“Perusahaannya, Seto (Staf Khusus Luhut) tidak mau mau buka ke publik. Nanti akan masuk,” jelasnya usai rapat mengenai LRT di Gedung Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (28/8).

Hadir dalam rapat tersebut Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro dan Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Budi Harto.

Menko Luhut mengatakan, proyek LRT baru pertama yang dibangun di Indonesia, maka persiapan dan pembangunan harus baik. “Jadi kita masih bahas detail-detai karena ini pertama kali bikin LRT. Jadi peraturan pendukung banyak yang belum ada,” ujarnya.

Sementara itu, dikutip dari merdeka.com, Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto menyampaikan, progres LRT Jabodebek saat ini sudah 20 persen konstruksi. Diharapkan hingga akhir tahun nanti pembangunan bisa meningkat hingga 45 persen.

“Jadi tahun depan itu tinggal sinyal, itu cepat. Fisik sipil akhir tahun selesai. Januari mulai uji coba,” ujarnya.

Terkait pembayaran dana talangan Adhi Karya, Budi mengatakan, pihaknya berharap bisa dibayarkan sekira Rp 8 triliun sebagai pengganti biaya konstruksi. Biaya ini akan dibayarkan secara bertahap oleh investor yang saat ini dipegang oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

“Tahap pertama kita berharap Rp 5 triliun. Bisa sampai tahun depan,” pungkasnya.(yaya)