Menpora kenalkan olahraga Headis di Journalist Games Kemenpora 2017

fokusmedan : Setelah membuka Journalist Games Kemenpora 2017, Menpora Imam Nahrawi melakukan ekshibisi olahraga headis (header table tennis) melawan jurnalis Bola.com Benediktus Gerendo. Headis sendiri merupakan olahraga hibrida antara sepak bola dan tenis meja. Headis ini menggunakan meja yang serupa dengan olahraga tenis meja, dan bola karet.

“Olahraga Headis ini harus menjadi salah satu olahraga baru yang dimotori para jurnalis. Pesan saya pada Siwo (Seksi Wartawan Olahraga), apabila nanti induknya di pusat sudah terbentuk, di daerah juga harus dibentuk. Headis ini olahraga paling termurah dan mudah dibandingkan tenis meja. Padahal alat juga tenis meja, hanya berbekal kepala dan leher,” kata Imam.

Dalam bermain headis, pemain harus menyundul bola ke arah seberang meja dan sebaliknya, hampir sama dengan tenis meja. Perbedaanya dengan tenis meja, pemain boleh melakukan smash saat bola masih di udara.

Pemberian nilai pada olahraga Headis menyerupai tenis meja, di mana olahraga ini dimainkan hingga salah satu pemain mencapai skor 11. Pemain akan diumumkan sebagai pemenang apabila berhasil lebih dulu mengumpulkan kemenangan sebanyak 2 putaran.

Selanjutnya, dikutip dari merdeka.com, peraturan ketika pemain mendapatkan skor sama, juga mirip dengan tenis meja di mana pemain akan terus bermain hingga berhasil memberikan selisih skor 2 poin.

Sementara itu, hasil pertandingan headis antara Menpora dan Benediktus, di set pertama, Menpora unggul dengan skor 11-6. Di awal set kedua, kejar-kejaran angka terjadi. Hingga akhirnya, Menpora menutup kemenangan dengan skor 5-11.(yaya)