Sen. Des 9th, 2019

Menteri Edhy Ingin Penenggelaman Kapal Jadi Efek Jera Bukan Solusi

fokusmedan : Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan, pemerintah masih akan melanjutkan penenggelaman kapal pencuri ikan atau kapal ilegal. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk menunjukkan ke dunia bahwa Indonesia tidak tidur dalam menjaga lautan.

“Kita menjaga laut kita. Kalau memang harus ditenggelamkan, kita juga siap menenggelamkan. Intinya kalau mereka ketahuan nyuri terus lari ya kita tenggelamkan,” ujarnya di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (19/11).

Meski demikian, penenggelaman kapal tidak boleh menjadi patokan penyelesaian seluruh masalah kelautan dan perikanan. Dia menegaskan penenggelaman kapal hanya menjadi efek jera untuk menjaga laut Indonesia agar pencuri ikan tak berani kembali.

“Cuma jangan membuat jargon tenggelamkan adalah segala-galanya dalam mengatasi masalah negara ini, gitu loh. Saya ingin ini menjadi suatu efek jera. Tapi kan setelah efek jera harus ada pemanfaatan. Ini yang kita mau,” jelasnya.

Dia menambahkan, penjaga laut Indonesia harus disegani oleh nelayan sendiri dan ditakuti oleh nelayan pencuri ikan kapal asing. “Enggak ada penenggelaman dihentikan. Masa saya mau membiarkan pencuri asing masuk. Penjaga kapal kita, penjaga laut kita, harus disegani sama nelayan kita sendiri, tapi ditakuti oleh nelayan pencuri asing,” tandasnya.(yaya)