NASIONAL

Menteri Sri Mulyani ingatkan pegawai DJP pentingnya pajak untuk pembangunan negara

fokusmedan : Seluruh pegawai Direktorat Jenderal Pajak merayakan peringatan Hari Pajak dengan menggelar apel bersama di lapangan depan gedung Marie Muhammad, DJP, Jakarta, Sabtu (14/7). Pantauan Merdeka.com, peserta apel tampak mengenakan atasan putih dipadu bawahan hitam. Sementara tamu undangan serta pensiunan pegawai DJP mengenakan batik.

Menteri Keuangan Sri Mulayani Indrawati, yang bertindak sebagai Pembina Upacara, tampak mengenakan Pakaian Dinas Upacara, berwarna putih. Dalam sambutannya, mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini kembali mengingatkan segenap pegawai DJP akan pentingnya proses pengumpulan pajak.

“Saat ini kurang lebih 83 persen dari pendapatan negara dari pajak. Apa yang akan terjadi apabila pajak tidak terus menerus kita bangun dan perkuat. Apa yang akan terjadi dengan upaya pemberantasan kemiskinan, kesenjangan dan menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur,” kata dia.

Oleh karena itu, dia mengharapkan peringatan Hari Pajak selalu memberikan motivasi bagi setiap petugas pajak untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. “Seperti tubuh manusia, pajak adalah tulang punggung, penopang agar dapat berdiri tegap. Bila kita tidak menjaga dia akan menjadi rapuh, bongkok dan lambat laun akan menimbulkan kelumpuhan sendi-sendi NKRI,” tegasnya.

“Anda (petugas pajak) mengemban amanat begitu penting dalam menjaga keberlangsungan negara republik Indonesia. Kita perlu terus mensosialisasikan kepada masyarakat terutama generasi muda akan pentingnya pajak bagi pembangunan,” imbuhnya.

Dalam apel peringatan ini, Menteri Sri Mulayani juga memberikan penghargaan kepada Kantor Wilayah dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Terbaik di seluruh Indonesia.

Selain itu, dikutip dari merdeka.com, Menteri Sri Mulyani juga memberikan penghargaan kepada juara berbagai lomba yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Pajak, seperti lomba penulisan artikel pajak tingkat mahasiswa, serta lomba tarik suara tingkat mahasiswa bertajuk “Tax Idol”.(yaya)