Ming. Sep 22nd, 2019

Menteri Susi: KKP Satu-satunya Kementerian yang Anggaran Turun Berkat Efisiensi

fokusmedan : Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyebut kementeriannya berhasil melakukan penghematan anggaran karena tata kelola yang efisien. Ini diungkap Menteri Susi untuk mematahkan anggapan bahwa anggaran KKP besar tetapi punya Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang kecil.

Anggaran Kementerian KKP memang terus turun dari tahun 2015 yang tercatat sekitar Rp 10 triliun. Untuk tahun 2020, KKP mengajukan Rp 6,4 triliun saja.

“Anggaran KKP itu adalah satu-satunya kementerian yang anggaran turun. Dari Rp 9 triliun ke Rp 6 triliun. Bukan diturunin, tapi kita melakukan efisiensi dan self-blocking,” ujar Menteri Susi di Kementerian KKP, Jakarta, Senin (9/9).

Menteri Susi menyebut pendapatan PNBP sektor perikanan pada 2014 hanya Rp 851 miliar, sementara tahun 2018 sudah Rp 1,6 triliun. Sebelum pemerintahan Joko Widodo, dikutip dari merdeka.com, PNBP KKP ini cuman Rp 300 miliar. Mulai tahun kemarin sudah mencapai hampir Rp 1 triliun.

Menteri Susi juga kembali mengungkit bahwa dalam empat tahun, kementeriannya mengembalikan anggaran ke negara hingga Rp 9,4 triliun. “Jadi PNBP naik, pajak naik, tapi anggarannya turun bahkan melakukan self-blocking,” ujar Menteri Susi.(yaya)