Uncategorized

Dampak erupsi Gunung Agung, 12 penerbangan di Bandara Adisutjipto dibatalkan

fokusmedan : Dampak erupsi Gunung Agung membuat Bandara Ngurah Rai harus ditutup sementara. Penutupan sementara ini dilakukan sejak Jumat (29/6) pukul 03.00 hingga 19.00 WITA.

Penutupan sementara Bandara Ngurah Rai ini membawa dampak terhadap penerbangan pesawat dari maupun menuju ke Bali. Salah satu yang merasakan dampak penutupan sementara ini adalah penerbangan ke dan dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Communication and Legal Section Head Bandara Adisutjipto, Liza Anindya Rahmadiani mengatakan, ada sejumlah penerbangan yang membatalkan keberangkatannya ke Bandara Ngurah Rai. Kemudian ada pula penerbangan yang menuju ke Bandara Adisutjipto yang dibatalkan.

“Dampak penutupan Bandara Ngurah Rai Denpasar pada tanggal 29 Juni 2018 mulai pkl.03.00 WITA sampai 19.00 WITA due to volcano ash, terhadap penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto ada 12 penerbangan yang konfirmasi dicancel. Total ada 15 jadwal penerbangan dari dan menuju Bali. Sampai saat ini baru 12 yang konfirmasi cancel,” katanya saat dihubungi, Jumat (29/6).

Dia menjelaskan dari 12 penerbangan itu terdiri dari 6 jadwal kedatangan dari Bandara Ngurah Rai dan 6 jadwal keberangkatan dari Bandara Adisutjipto. Pembatalan penerbangan ini berasal dari empat maskapai yaitu Garuda Indonesia, Nam Air, Lion Air dan Air Asia.

Dikutip dari merdeka.com, Liza menambahkan, ada dua pilihan yang diberikan oleh airline atas pembatalan penerbangan itu. Dua pilihan itu adalah refund atau reschedule jadwal penerbangan.

“Manajemen Bandara Adisutjipto saat ini terus memonitoring perkembangan dan berkoordinasi dg Bandara Ngurah Rai ataupun pihak-pihak terkait,” tutupnya.(yaya)