NASIONAL

Meski cuaca buruk, penerbangan di Bandara Kualanamu tetap normal

fokusmedan : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Bandara Kualanamu Wilayah Medan memprediksi kawasan Bandara Kualanamu sekitarnya dan Kota Medan diguyur hujan hingga akhir pekan depan.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Bandara Kuaanamu, Mega Sirait mengungkapkan, secara umum potensi hujan di kawasan bandara sekitarnya akan terjadi pada siang, sore, malam dan dini hari.

“Sepekan ini masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat. Hujan kali ini diprediksi disertai petir atau kilat,” ujar Mega kepada fokusmedan.com, Rabu (29/11).

Disebutkannya, hujan diperkirakan dengan suhu 22-32 derajat celcius dan kecepatan angin mencapai 20 km per jam.

Menurut Mega , meningkatnya curah hujan karena adanya gangguan cuaca di Laut Samudera Hindia dan Cina Selatan. Gangguan cuaca pada kedua lautan tersebut sangat mempengaruhi curah hujan di Sumatera Utara.

Sementara, pihak operator Navigasi Udara Bandara Kualanamu menyebutkan, meski potensi hujan tinggi namun untuk penerbangan masih normal.

“Yang terkendala cuaca itu umumnya bandara kecil di Sumut dan aceh. Untuk itu kita terus berkordinasi dengan pilot maskapai terkait cuaca,” ujarnya. (putra)