Sel. Agu 20th, 2019

Motif perampokan di Irian Super Market ternyata untuk bayar hutang

fokusmedan : Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agus Andrianto didampingi Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto memaparkan motif penjambretan uang Rp411 Juta yang terjadi di depan Swalayan Irian Market Jalan Pasar Merah, Simpang Bahagia, Medan.

Kedua pelaku berinisial MMP (28) dan AP (26) diketahui ternyata masih berstatus karyawan aktif di PT Abacus Cash Solution, perusahaan yang bergerak di jasa antar jemput uang. Keduanya mendapat gaji Rp5 Juta/bulan, tapi masih kurang karena terlilit hutang.

Lantaran sudah mengetahui seluk beluk pekerjaannya, keduanya merencanakan penjambretan uang ratusan juta rupiah ketika pihak perusahaan mengambil uang di Swalayan Irian Market untuk disetorkan ke Bank.

“Kedua pelaku diidentifikasi melalui rekaman CCTV yang terdapat di supermarket tersebut,” sebutnya.

Ia mengatakan dalam pengungkapan itu pihaknya turut mengamankan seorang wanita yang bernama Juniar Ramadani (34) warga Jalan Sumber Bakti.

“Uang tersebut dibagi dua. Nah pelaku Markus menyimpan uang tersebut kepada Juniar yang merupakan teman wanitanya,” ungkapnya.

Untuk penangkapan pelaku MMP yang merupakan otak pelaku perampokan dilakukan saat bersama pacarnya di kawasan Marindal.

“Tim langsung mengamankan dan melakukan pengembangan untuk mencari uang tersebut dan pelaku lainnya yakni AP,” ujarnya.

Saat dilakukan pengembangan, lanjutnya,  pelaku MMP mencoba melarikan diri meski sudah diberi dua kali tembakan peringatan namun tidak diindahkan sehingga dilakukan tindakan tegas terukur di bagian kaki.

Berdasarkan hasil interogasi diketahui motifnya untuk membayar hutang dan aksi ini sudah direncanakan sebulan lalu dengan mempelajari gerak gerik dan langsung melakukannya.

Selain para tersangka, turut diamankan barang bukti uang tunai Rp405 Juta, satu unit sepeda motor Honda Beat BK 6445 AIL, dan rekaman CCTV.

Akibat perbuatannya para tersangka dijerat dengan Pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun kurungan penjara.(rio)