Motor petualang, Honda CRF150L jadi idola baru motor off road

fokusmedan : Potensi segmen adventure yang sedang menggeliat memicu semangat Honda menghadirkan motor petualang berkapasitas kecil CRF150L yang diyakini akan menjadi idola baru motor off-road di tanah air. Selain melengkapi jajaran produk Honda di Tanah Air, CRF150L juga dipastikan akan menjawab kebutuhan masyarakat pecintanya yang menginginkan motor trail dengan desain dan konsep yang baru.

Seperti yang Dijelaskan Direktur Pemasaran PT. Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, bahwa alasan Honda meluncurkan CRF150L karena ternyata motor di kelas ini juga sedang menggeliat.

“Motor petualang mengalami peningkatan pada 2014 sebesar 4 persen, dan dalam empat tahun meningkat jadi tiga kali lipat 12 persen seiring makin banyaknya aktivitas fun off-road, karena itu kami persembahkan produk baru kami CRF150L yang memberikan kenyamanan ketika bermanufer di berbagai medan, ” tutur Thomas.

Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan bahwa Honda menghadirkan All New Honda CRF150L dengan konsep on-off Sport bagi pengendara di Indonesia untuk melengkapi jajaran motor Honda CRF series yang sudah hadir sebelumnya, yakin CRF1000L Africa Twin dan CRF250RALLY yang telah menghadirkan petualangan dengan sensasi berkendara baru.

“Honda memang lagi demen motor trail, karena melihat kebutuhan akan segmen adventure beberapa tahun terakhir ini lebih berkembang. Kalau sebelumnya dapat dikatakan lebih ke racing, full fairing, dan sport, namun sekarang diferensiasinya semakin melebar, dan pada dua atau tiga tahun terakhir Honda melihat pergerakannya ke segmen motor off-road,” ujar Leo Wijaya dalam rilisnya yang diterima fokusmedan.com, Kamis (16/11).

Honda CRF150L sendiri merupakan motor ini lahir dengan mesin berkubikasi 150cc yang pertama kalinya menjadi motor segmen trail yang dirakit di Indonesia. CRF150L juga hadir dengan tema styling yang mengedepankan konsep motocross, dan terinspirasi dari model CRF untuk kompetisi yang bisa dilihat dari segi desain lampu yang membentuk sudut tajam hingga panel digital berukuran kompak.

Selain itu All New Honda CRF150L juga dilengkapi suspensi Showa yakni Long Travel Inverted Front Fork dengan suspensi inverted terbesar di kelasnya berukuran diameter 37mm dan panjang stroke 225mm yang dibungkus pipa warna gold. Suspensi belakang dilengkapi dengan sistem Pro-link untuk memberikan jarak main (travel axle) 210mm untuk pengendalian terbaik dan stabil di berbagai kondisi jalan.

Pada sektor kakinya, terdapat alumunium velg yang ringan dan kuat berukuran 21 inci di bagian depan dan 18 inci di belakang. Pada sistem pengereman motor menggunakan Wavy Disc Brake melalui rem cakram depan wavy berukuran 240 mm dan belakang 220 mm. Soal tenaga, CRF150L dibekali mesin 150cc SOHC air cooled PGM-FI yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan.

Sedangkan tenaganya, diklaim mencapai 9,51 kW (12,91 PS) pada 8.000 rpm dengan torsi maksimum 12,43 Nm pada 6.500 rpm. Motor juga sudah melalui tahap uji dengan metode pengetesan EURO 3 dan metode ECE R40 (43,03 km/liter metode pengetesan EURO 2). Sementara untuk konsumsi bahan bakarnya, tercatat dapat mencapai 39,3 km per liter.(ril)

Comments are closed.