NASIONAL

Musim kemarau, selama 20 hari 9 wilayah di Sumut minus hujan

fokusmedan : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, menyebutkan ada beberapa wilayah di Sumut akan mengalami minus hujan selama 20 hari.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan menyebutkan, 9 wilayah yang memasuki kriteria hari tanpa hujan ini masuk dalam kategori menengah.

“‎Diantaranya terjadi di sebagian kecil Kabupaten Asahan (Rawang Baru); Kabupayen Batu Bara (Barian, Sei Muka, Tanah Gambus, Tanah Itam Ulu); Kabupaten Deli Serdang (BBI Murni Tj. Morawa, Paluh Merbau, Kuala Namu); Kabupaten Karo (Mardinding),” ujarnya kepada fokusmedan.com, Selasa (12/6) siang.

Kemudian, Kabupaten Langkat (Cempa, Secanggang, Sei Lepan); Kabupaten Mandailing Natal (Kebun Plasma); Kabupaten Serdang Bedagai (Poktan Mangga Dua, Sei Rejo); Kabupayen Simalungun (Tinjowan); Kota Tanjung Balai (Sijambi-Datuk Bandar); dan Kabupaten Toba Samosir (Tampahan). ‎

Ia mengatakan kondisi ini disebabkan karena wilayah Sumatera Utara saat ini sedang memasuki musim kemarau dari Bulan Juni hingga Bulan Juli.

“Curah hujan di Sumut pada umumnya juga termasuk dalam ‎kategori rendah 0 sampai 50 mm pada bulan juni, ” tandasnya.

Atas kondisi ini masyarakat diharapkan mewaspadai dampak kekeringan yang berpotensi terjadinya kebakaran. Selain itu juga untuk mengurangi aktivitas di luar saat terik.(rio)