EKONOMI & BISNIS

Nilai tukar Rupiah bergerak stabil di level Rp 13.339 per USD

fokusmedan : Nilai Rupiah bergerak cukup stabil di perdagangan hari ini, Selasa (5/9). Rupiah dibuka di Rp 13.338 per USD atau menguat tipis dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 13.339 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah sempat menguat menyentuh level Rp 13.333 per USD pukul 08.45 WIB. Saat ini, nilai tukar berada di Rp 13.339 per USD.

Bank Indonesia (BI) memaparkan Rupiah bergerak cukup stabil ditopang oleh tingginya kepercayaan terhadap stabilitas makro ekonomi Indonesia. Secara rata-rata, dikutip dari merdeka.com, Rupiah menguat sebesar 0,3 persen menjadi Rp 13.309 per USD pada triwulan II-2017.

“Stabilnya nilai tukar Rupiah ditopang oleh aliran dana masuk yang tetap kuat seiring dengan prospek imbal hasil yang positif dan diikuti oleh tetap tingginya pasokan valas korporasi di pasar valas domestik,” ujar Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Kantornya, Selasa (22/8).

Nilai tukar Rupiah ke depan diperkirakan tetap stabil didukung oleh keseimbangan neraca pembayaran yang terjaga dan pasar valas domestik yang semakin dalam.

“Bank Indonesia akan terus melanjutkan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai nilai fundamentalnya dengan tetap menjaga bekerjanya mekanisme pasar,” jelasnya.(yaya)