Nilai tukar Rupiah kembali perkasa di level Rp 13.550 per USD

fokusmedan : Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) mulai stabil pada perdagangan hari ini, Selasa (14/11), setelah sempat anjlok hingga ke level Rp 13.600-an per USD. Tercatat, Rupiah dibuka menguat di level Rp 13.550 per USD, menguat dari penutupan di perdagangan sebelumnya sebesar Rp 13.552 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah terus menunjukkan penguatannya usai pembukaan, namun sempat melemah kembali di level 13.544 per USD pada pukul 10.15. Saat ini, Rupiah kembali menguat ke 13.533 per USD.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan guna meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi era persaingan global. Kerja sama tersebut terutama untuk meningkatkan kompetensi SDM di bidang Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SPPUR).

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng mengatakan, pembangunan SDM berkualitas merupakan salah satu pondasi yang harus terbangun dengan kokoh, selain pengembangan dari sisi infrastruktur. SDM yang berkualitas tersebut harus memiliki kompetensi yang mumpuni dari sisi kemampuan teknis.

“Harus mumpuni dari sisi kemampuan teknis, penerapan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good corporate governance) dan praktik bisnis terbaik,” ujar Sugeng di Ayana Mid Plaza, Jakarta, Rabu (8/11).(yaya)

Comments are closed.