Ming. Sep 22nd, 2019

Nilai Tukar Rupiah Melemah ke Level Rp 14.267 per USD

fokusmedan : Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat dibuka melemah di perdagangan pagi ini, Rabu (28/8). Rupiah tercatat dibuka di level Rp 14.257 per USD atau melemah tipis dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 14.255 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah masih melanjutkan pelemahan usai pembukaan. Tercatat, nilai tukar saat ini berada di level Rp 14.267 per USD.

Bank Indonesia (BI) memproyeksikan nilai tukar Rupiah ke depan akan terus menguat. Hal ini seiring dengan tetap terjaganya aliran modal asing yang masuk ke dalam negeri.

Dikutip dari merdeka.com, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan Rupiah pada Agustus ini telah mengalami penguatan hampir 1 persen dibanding akhir tahun lalu.

“Rupiah sampai dengan 21 Agustus 2019 secara point to point menguat sebesar 0,98 persen dibandingkan level akhir tahun 2018,” jelas dia di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (22/8).

Ke depan, dia memandang nilai tukar Rupiah tetap stabil sesuai dengan mekanisme pasar yang terjaga. Prakiraan ini ditopang prospek aliran masuk modal asing ke Indonesia yang tetap terjaga seiring ekonomi domestik yang tetap baik dan imbal hasil yang menarik, serta dampak positif kebijakan moneter longgar di negara maju.(yaya)