EKONOMI & BISNIS

Nilai tukar Rupiah melemah ke level Rp 15.194 per USD

fokusmedan : Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak melemah di perdagangan hari ini, Jumat (19/10). Rupiah pagi ini dibuka di Rp 15.187 per USD atau melemah tipis dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 15.150 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah masih lanjutkan pelemahan usai pembukaan. Tercatat, saat ini nilai tukar berada di Rp 15.194 per USD.

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Kerja Indonesia (TKN KIK), Abdul Kadir Karding menyebut bahwa pelemahan nilai tukar Rupiah didominasi pengaruh faktor eksternal.

“Sehingga, yang bisa kita lakukan adalah kebijakan-kebijakan yang kira-kira bisa mengurangi atau menahan daripada pergerakan dolar ini,” ungkap Karding di Jakarta, Rabu (17/10).

Menurutnya, sudah banyak kebijakan yang dikeluarkan untuk mengatasi permasalahan ini. Misalnya beberapa ratus barang impor yang dikurangi dan menjaga daya beli masyarakat.

“Dan saya kira siapa pun pemerintahnya, kalau ini terkait dengan faktor eksternal itu tidak akan bisa menahan itu. Sambil terus mengelola struktur ekonomi kita, keuangan kita, fiskal kita supaya sehat,” katanya.

Dikutip dari merdeka.com, Karding mengatakan, yang terpenting adalah prinsip bahwa daya beli masyarakat tetap terjangkau.

“Ini yang penting. Dan kenaikan dolar ini tidak berakibat pada masalah-masalah ekonomi kita,” jelas dia.

Terkait kritikan ketersediaan lapangan kerja, dia juga menilai tidak sesuai dengan fakta.

“Jadi semua parameter ekonomi, kalau kami nggak mau bicara di luar data, semua datanya ada. Soal perdebatannya anda percaya sama data BPS atau tidak, itu urusan anda. Tetapi kepada siapa kita punya standar data tentu BPS. Nggak ada yang lain. Atau lembaga kredibel lainnya,” kata Karding mengakhiri.(yaya)