Nilai tukar Rupiah menguat di level Rp 13.564 per USD

fokusmedan : Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak fluktuatif di perdagangan hari ini, Kamis (14/12). Rupiah dibuka menguat tipis di level Rp 13.564 dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 13.590 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah meneruskan penguatannya usai pembukaan hingga ke level Rp 13.557 per USD, namun kembali melemah dan saat ini Rupiah berada di Rp 13.570 per USD.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin dikutip dari merdeka.com Nasution menilai pelemahan Rupiah hari ini, terjadi akibat rencana kebijakan Presiden Donald Trump melakukan penurunan pajak. Meski begitu, pelemahan tersebut masih tergolong normal.

“Kalau dia (Rupiah) naik sedikit turun sedikit normal saja kan. Ini berawal dari Trump yang mau turunkan pajak,” ujar Darmin saat ditemui di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (29/11).

Darmin mengatakan, pelemahan Rupiah juga dipengaruhi oleh percobaan rudal Korea Utara. Hal ini dinilai menimbulkan kekhawatiran masyarakat.

“Korea Utara bikin percobaan macam macam. Orang mulai takut kemudian bergerak dia. Jadi tidak ada apa-apa sih. Tidak ada yang buat dia berubah lagi, kalau dia naik Rp 13.500 gitu biarkan saja,” jelasnya.(yaya)