NASIONAL

Pembangunan tol penghubung Gresik-Sidoarjo ditarget rampung akhir tahun

fokusmedan : PT Waskita Karya menargetkan tol KrianLegundiBunderManyar (KLBM) penghubung Gresik-Sidoarjo selesai akhir 2018. Proses pengerjaan proyek Tol KLBM sepanjang 38,9 kilometer tersebut, dilakukan sejak awal tahun lalu.

General Manager Divisi IV PT Waskita Karya Tbk, Fathurrahman, menjelaskan progres pembangunan Tol KLBM saat ini sudah mencapai 45,72 persen. “Kami harap pembangunan tol ini selesai akhir 2018. Sehingga pada bulan Desember nanti bisa dioperasikan,” kata Fathurrahman di Surabaya, Sabtu (24/3).

Dikutip dari merdeka.com, Fathurrahman menjelaskan, pembangunan Tol KLBM ini, bertujuan untuk membelah dan mengurai kemacetan tol dalam kota. Sehingga pengguna tol, baik dari Kertosono maupun dari arah Gresik, sudah tidak perlu lagi menggunakan jalan tol dalam kota.

“Proyek KLBM yang dikerjakan ini ada 1.000.000 tiang pancang dan 1.920 buah tiang girder,” ungkapnya.

Fathurrahman juga mengimbau para pekerja agar tetap berhati-hati dalam bekerja. “K3-nya (kesehatan dan keselamatan kerja) harus betul-betul diperhatikan agar terhindar dari insiden yang tidak kami inginkan. Seluruh karyawan harus bebas dari narkoba dan mengonsumsi alkhohol. Tidak boleh merokok di seluruh area proyek,” pintanya.

Tak hanya itu, para pekerja juga dilarang membawa handphone selama bekerja. “Ini penting biarpun hanya sepele. Agar selama proses pelaksanaan jalan tol bisa berjalan baik, dengan hasil baik, mutu baik, dan aman tidak ada kecelakaan,” tegasnya.(yaya)