KABAR MEDAN

Pendaftaran bakal calon gubsu usai, situasi berlangsung aman dan kondusif

fokusmedan : Proses pendaftaran bakal calon Gubernur Sumut, yang dimulai sejak Senin (8/1) hingga Rabu (10/1) kemarin, berlangsung dengan aman dan kondusif.‎

“Proses pendaftaran balon gubsu berlangsung aman, dan lancar,” kata Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto kepada fokusmedan.com, Kamis (11/1).

Ia mengatakan kendati sudah berakhir, pihaknya tetap bersiaga memantau situasi terkini di lapangan, dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi ‎kerawanan jelang Pilgubsu.

Sementara, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea menyampaikan setelah pihaknya membuka pendaftaran balon Gubernur dan Wakil Gubernur, ada 3 pasangan calon yang mendaftar dan telah diterima untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Pertama, Edy Rahmaydi-Musa yang diusung oleh 6 koalisi parpol yaitu Partai Golkar 17 kursi, Partai Gerindra 13 kursi , Partai Hanura 10 kursi, PKS 9 kursi, PAN 6 kursi, dan Nasdem 5 kursi, total 60 Kursi.

Kedua, JR Siragih dan Ance, yang diusung 3 Parpol yakni Partai Demokrat 14 kursi, PKB 3 kursi, dan PKPI 3 Kursi, total 20 kursi.‎

Ketiga, Djarot Syaiful Hidayat dan Sihar Sotorius yang diusung 2 Parpol PDIP16,kursi dan PPP 4 kursi. ‎‎

“Dan pengumuman resmi calon Gubernur Sumut, setelah rapat ‎pleno akan diumumkan tanggal 12 Februari nanti, sementara ini masih balon,” tandasnya‎.(rio)