Ming. Sep 22nd, 2019

Penggunaan ganja masih merupakan kejahatan

fokusmedan : Meski beberapa negara seperti Belanda, Meksiko, Kolombia, hingga Amerika bagian Colorado dan Washington telah memutuskan untuk mendekriminalisasikan narkotika jenis ganja.

Sebelumnya, ganja yang dilarang, kini telah dilegalkan atau aturan hukumnya diperlonggar, terutama untuk kepentingan medis.

Kendati begitu, Wakil Direktur (Wadir) Tindak Pidana (Tipid) Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Pol Krisno H Siregar menegaskan, ganja masih merupakan tanaman terlarang. Sebab, belum ada Undang-Undang yang mengatur tentang aturan dekriminalisinya di Indonesia.

“Jad, hukum kita masih menganggapnya sebagai kejahatan,” sebutnya kepada fokusmedan.com, Selasa (20/8) di Medan.

Ia menjelaskan, sebagai salah satu bagian dari otoritas negara yang diberikan wewenang untuk penindakan, Bareskrim tentunya harus mengikuti prinsip azas legalitas yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dengan demikian, lanjutnya, prinsip azas legalitas di Indonesia berbeda dengan Undang-Undang negara-negara yang telah melegalkan ganja, maka Bareskrim pastinya akan tetap memandang, ganja sebagai salah satu perbuatan kriminal.

“Polisi itu sebagai bagian dari pada negara, tentunya kita akan ikut prinsip azas legalitas yang berlaku,” tandasnya.(riz)