Ming. Sep 22nd, 2019

Pengidap penyakit TB masih tinggi di Sumut

fokusmedan : Penyakit Tuberculosis (TB) saat ini masih menjadi momok bagi masyarakat Sumut, memgingat pengidapnya masih tergolong tinggi.

Berdasarkan data dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, sepanjang tahun 2018 terdapat 6.267 kunjungan. Sedangkan periode Januari sampai Mei 2019, jumlah pasien rawat jalan sebanyak 834 kunjungan.

“Pasien TB memang cukup tinggi bahkan penderitanya datang dari Aceh,” sebut Kassubag Humas RSUP Haji Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak kepada fokusmedan.com, Senin (1/7).

Untuk rawat inap, lanjutnya, pada 2019 jumlahnya mencapai 193 pasien.

Sementara itu, Ketua Jaringan Kesehatan Masyarakat (JKM) Sumut dr Delyuzar SpPA (K) mengatakan, terjangkitnya seseorang dengan penyakit TB ialah lantaran ada faktor penularan.

Untuk itu, bila masih ada penderita, apalagi yang tidak terdeteksi dan dia tetap berkeliaran maka resiko penularan penyakit TB akan tetap tinggi.

“Jadi, orang yang kurang gizi, pasien Diabetes Melitus (DM), dan HIV-AIDS akan lebih mudah terinfeksi TB,” ungkapnya.

Ia menyarankan agar masyarakat meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan gizi dan istirahat yang cukup. Sehingga bila ada penderita TB di sekitar, resiko penularannya jauh lebih rendah.(riz)