Ming. Sep 22nd, 2019

Penurunan Suku Bunga BI Sinyal Positif Bagi Dunia Usaha

fokusmedan : Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) Prijono Sugiarto menyambut positif penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sebesar 25 basis poin menjadi 5,50 persen. Menurutnya, pemangkasan suku bunga BI pada dasarnya harus disiasati dengan baik oleh para pelaku pasar.

“Untuk outlook 2020 saya selalu katakan kami optimis, karena BI sudah turunkan repo rate, ini kan sinyal harus disiasati dengan baik,” tuturnya di Jakarta, Senin (26/8).

Menurutnya, dampak penurunan suku bunga acuan BI memang tidak bisa dirasakan dalam jangka pendek, tetapi hal ini dapat dilihat pengaruhnya di semester II-2019. “Memang tak langsung berdampak karena setengah tahun ini bisa dilihat 4 roda masih mengalami kesulitan, tapi setengah tahun kedepan kita masih tunggu,” ujarnya.

Sementara itu, dikutip dari merdeka.com, Prijono menyatakan siap untuk berkontribusi dan membangun bisnis infrastruktur di tahun-tahun mendatang. Ada beberapa infrastruktur yang dibangun perseroan yang akan beroperasi dalam waktu dekat.

Dia menjelaskan, Astra International sudah membangun 6 jalan tol yang sudah diakuisisi oleh perseroan. Selain itu, ruas jalan tol sepanjang 350 kilometer (km) yang dibangun juga akan beroperasi akhir tahun ini.

“Kami juga memiliki PLTU dengan kapasitas 2×1000 megawatt yang akan beroperasi tahun 2021,” imbuhnya.

Menurutnya, alokasi pembangunan infrastruktur pada dasarnya tidak bisa diambil seluruhnya dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Sebab itu, sebagai pihak swasta, Astra Group siap untuk masuk berkontribusi.

“Tidak mungkin semua dari APBN dan APBD. Kami juga salah satunya bisa berkontribusi. Kami tertarik untuk masuk ke infrastruktur karena kami butuh investasi lebih giat lagi karena tidak bisa semua di handle oleh Pemerintah,” tandasnya.(yaya)