NASIONAL

Peran santri dianggap penting jadi perekat di masyarakat

fokusmedan : Di era globalisasi saat ini musuh yang nyata yakni kemiskinan, kebodohan dan dekadensi moral. Untuk itu dibutuhkan peran santri yang berkarakter ditambah bekal religiusitas dalam memajukan peradaban.

Demikian diungkapkan Inisiator Islam Nusantara Center Jakarta, Jazilul Fawaid. “Saatnya santri memajukan peradaban dengan penuh percaya diri dan optimisme,” ujar Jazilul dalam keterangannya, Selasa (24/10).

Jazilul mencontohkan peran santri dalam peristiwa 10 November 1945 yang kini dikenal sebagai Hari Pahlawan. Saat itu, berkat fatwa KH Hasyim Asyari, dengan gagah berani para santri ikut berjuang.

“Santri adalah paku bumi di manapun dia berada menjadi perekat dan penguat komunitas masyarakat,” tutur politisi PKB ini.

Lebih lanjut dikutip dari merdeka.com, Jazil menjelaskan kegiatan Santri of The Year 2017 yang digelar perdana tahun ini bertujuan menemukan dan menampilkan tokoh/figur pria yang memberikan sumbangsih prestasi mereka dalam bentuk gagasan inovatif dan sekaligus kerja dan karya juga prestasi bagi pembangunan bangsa dan negara tercinta ini.

Kegiatan ini, kata dia juga bertujuan mampu membangkitkan motivasi dan dapat memberikan suri tauladan bagi generasi muda serta masyarakat umum untuk lebih giat membangun bangsa dan negaranya.(yaya)