Sen. Des 16th, 2019

Peringati Hari Disabilitas Internasional, RSUP H.Adam Malik beri dukungan pelayanan bagi penyandangnya

fokusmedan : Bertepatan dengan Hari Disabilitad Internasional, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik terus memberi dukungan pelayanan bagi penyandangnya.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Haji Adam Malik , dr Zainal Safri SpPD (K) SpJP (K) menegaskan dukungan pelayanan itu dalam kegiatan Talk Show di Instasi Rawat Jalan RSUP Haji Adam Malik melalui Bagian Promosi Kesehatan bekerjasama dengan Instalasi Rehabilitasi Medik, Selasa (3/12).

“Pemerintah saat ini konsen dalam persoalan yang dihadapi penyandang disabilitas. Kami sendiri akan memberikan program melalui daftar online dan langsung ke rehab medik,” sebutnya.

Ia menjelaskan, hal ini juga sebagai dukungan untuk meningkatkan martabat, hak dan kesejahteraan para penyandangnya.

Sementara itu, Mardiana Sihombing selaku sekretaris Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sumut mengaku bangga dengan kepedulian pemerintah dan masyarakat sesuai dengan UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

“Saya bangga dengan kepedulian negara dalam meningkatkan kapasitas disabilitas untuk bisa unggul, sehingga kami tidak merasa minder dan semakin banyak juga dokter yang peduli dengan disabilitas,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, penyandang disabilitas juga dengan senang hati diajak terlibat dan sedang memperjuangkan Perda mencantumkan kebijakan terhadap masyarakat disabilitas.

Mewakili Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Indonesia (Perdosri) cabang Sumatera I, dr Natalia SpKFR mengapresiasi RSUP H.Adam Malik karena sudah menuju ramah disabilitas.

“ini sesuai dengan cita-cita Indonesia, kita adalah perpanjangan tangan mewujudkan Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul,” pungkasnya.(riz)