Sen. Des 9th, 2019

PJT RS Adam Malik berhasil lakukan pemasangan cincin pada pembuluh darah tanpa bedah

fokusmedan : Pusat Jantung Terpadu (PJT) Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) berhasil melakukan tindakan pemasangan cincin pada pembuluh darah di luar jantung terhadap dua pasien berusia 77 dan 32 tahun di paha tanpa melalui tindakan operasi (bedah).

Kepala PJT RSUPHAM, dr Nizam Zikri Akbar, SpJP (K) didampingi dr Ali Nafiah Nasution, SpJP mengatakan, tindakan pemasangan cincin ini dilakukan pada pasien wanita 77 tahun ini dengan pemasangan cincin yang dilakukan tanpa operasi. Tindakan itu hanya memakai lobang kecil yang dibuat di paha saja.

“Prosesnya hampir sama dengan pasang cincin di jantung tapi letaknya berbeda dan ini dikerjakan oleh dokter Tepu Bob Haikal, SpJP,” jelasnya kepada fokusmedan.com, Senin (11/11).

Ia menjelaskan, dari tindakan itu pembuluh darah pasien kini kembali lancar.

Sementara itu, dr Ali Nafiah Nasution, SpJP menyebutkan, pihaknya telah melakukan tindakan penutupan lobang di jantung pada pasien wanita 32 tahun tanpa operasi.

Ia menuturkan, pasien mengalami gangguan jantung bawaan dari lahir dan saat diperiksa ada lobang diantara serambi kiri dan kanan, maka juga dianjurkan operasi. Tapi pasien tidak bersedia karena saat itu merasa cemas.

Selanjutnya pasien datang ke PJT RSUPHAM dan saat diperiksa terdapat lubang dengan ukuran 14 sampai 18 milimeter, diantara sekat serambi kiri dan kanan.

“Untuk mengetahui apakah lobang ini bisa ditutup tanpa operasi dilakukan tindakan dengan memasukkan alat melalui pembuluh darah di paha

“Saat dilakukan prosedur penutupan lubang tersebut pasien hanya butuh waktu sehari kemudian langsung bisa pulang,” pungkasnya.(riz)