NASIONAL

Plt Kades Paya Itik Galang ditahan atas dugaan kasus korupsi

fokusmedan : Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Galang, MOS ditahan Kejaksaan Negeri Deliserdang atas kasus dugaan korupsi Dana Desa saat dirinya menjabat sebagai Plt Kepala Desa Paya Itik Kecamatan Galang, Kabupaten Deliserdang tahun 2016 lalu.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Deliserdang, Fajar Syahputra Lubis SH MH kepada fokusmedan.com, Kamis (11/10) mengatakan, bahwa dari hasil penyelidikan dan keterangan dari sejumlah saksi-saksi, tersangka MOS terbukti melakukan korupsi Anggaran Pendapatan Belanja Desa dengan merugikan keuangan negara sebesar Rp 162.505.000 untukTahun 2016 sampai Tahun 2017.

Atas penyelidikan tersebut, tim Pidsus Kejari Deliserdang melakukan penahanan terhadap tersangka MOS karena alasan subjektifnya tersangka akan menghilangkan barang bukti dan melarikan diri,

“Kita tahan dan titipkan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lubuk Pakam selama 20 hari ke depan dan selanjutnya berkas tersangka akan kita limpahkan ke pengadilan untuk segera disidangkan,” ungkapnya.

Fajar mengatakan, MOS disangkakan melanggar Pasal 2, 3 ayat 1 jo Pasal 18 UU RI No 31 Tahun 1999 dengan Perubahan UU Nomor 20 Tahun 2001 dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara.

“Untuk kasus ini tidak tertutup kemungkinan akan ada tersangka lainnya,” ujarnya.

Sementara, kuasa hukum tersangka, Sugirhot Marbun SH menjelaskan dirinya mendampingi MOS  dan selanjutnya akan melakukan pembelaan seperti yang dipersangkaan oleh pihak Kejari Deliserdang.

“Maaf, saya belum bisa memberikan banyak komentar,” tandasnya.(putra)