NASIONAL

Polda Sumut lakukan pemusnahan barang bukti narkoba, 85 tersangka diamankan

fokusmedan : Barang bukti narkoba hasil tangkapan Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara sejak kurun waktu Desember 2018 hingga Maret 2019 dimusnahkan, Selasa (9/4).

Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan, selain pemusnahan barang bukti narkoba, pihaknya juga mengamankan 85 tersangka.

“Seluruh tersangka ini diduga terlibat dalam penyalahgunaan dan kepemilikan narkotika jenis, sabu-sabu, ganja, epilon, dan happy five,” sebutnya kepada fokusmedan.com di Mapolda Sumut.

Mardiaz yang didampingi Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Kombes Pol Hendri Marpaung memaparkan, penangkapan para tersangka ini berdasarkan dari 85 LP, sedangkan barang bukti yang diamankan berupa sabu seberat 162,56 Kg.

”Sabu yang dimusnahka seberat 160,71 Kg, sedangkan 1,85 Kilogram disisihkan untuk labfor dan barang bukti,” ujarnya.

Untuk narkotika jenis ganja, lanjutnya, seberat 0,53 gram, epilon  31,3 gram, pil happy five 224 butir, ekstasi 62.465 butir dan semuanya dimusnahkan.

“Seluruh tersangka ini dipersangkakan melanggar Pasal 114 ayat 2 UU narkotika, Pasal 61 ayat 1, dan pasal 62 UU Psikotropika,” tegasnya.

Ia menjelaskan, narkoba yang diamankan ini berasal dari Malaysia melalui Tanjung Balai dan akan didistribusikan di Sumut khususnya kota Medan.(riz)