NASIONAL

Polda Sumut razia toko hewan, dua ekor burung nuri dikembalikan ke BKSDA

fokusmedan : Menindaklanjuti atas tangkapan terhadap satwa dilindungi beberapa waktu lalu, Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara melaksanakan razia terhadap sejumlah toko hewan di Jalan Bintang, Medan, Senin (14/1).

Sejumlah toko hewan yang dirazia lantaran tidak memiliki ijin edar dari BKSDA Sumut antara lain, Toko Narko, Toko Lai Hok dan Toko Ahmad Suhenri.

Direktur Reskrimsus Poldasu Kombes Pol Rony Samtana kepada fokusmedan.com mengatakan, razia ini dilakukan sebagai rangkaian pengembangan atas tertangkapnya seorang pria yang melakukan penjualan hewan dilindungi melalui medsos (Facebook).

“Razia dilaksnakan bersama dengan personel dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA),” ungkapnya.

Lewat razia ini, pihaknya mengamankan dua ekor burung Nuri yang merupakan satwa langka dilindungi. Kedua ekor burung tersebut, kata dia, selanjutnya diamankan ke BKSDA.

Selanjutnya akan menyerahkan hal tersebut ke BKSDA sebagai lembaga pemerintah yang diberi wewenang untuk melakukan pembinaan.

“Kami juga sudah membuat berita acara serah terima kedua ekor burung Nuri itu dari pelaku usaha ke BKSDA,” tandasnya.(riz)