NASIONAL

Polda Sumut tahan 3 anggota DPRD Tapteng

fokusmedan : Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat Reserse Kriminanal (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) telah menahan tiga anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Senin (3/12).

Penahanan ini dilakukan, atas dugaan tindakan mark up atau biaya perjalanan dinas fiktif yang dilakukan para wakil rakyat tersebut.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan saat dikonfirmasi fokusmedan.com menyampaikan, pihaknya telah menahan 3 dari 5 tersangka.

“Ya benar. Ada 3 anggota DPRD Tapteng yang sudah ditahan oleh Subdit Tipikor Polda Sumut,” ujarnya.

Informasi dihimpun, penyidik Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut telah menetapkan lima anggota DPRD Tapteng sebagai tersangka karena diduga mark up atau fiktif perjalanan dinas hingga merugikan negara sebesar Rp 655.924.350.

Modus  yang dilakukan kelima tersangka antara lain perjalanan dinas keluar daerah dalam hal agenda konsultasi, kunjungan kerja dan bimbingan teknis.

Untuk itu para tersangka dipersangkakan dengan pasal 2 ayat 1 subsider pasal 3 UU RI Nomor 31 Tahum 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001, yakni tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun.

“Penetapan status tersangka, setelah penyidik memeriksa 49 saksi yang terdiri dari PNS sekretariat dan pihak management dari sejumlah hotel yang ada di Medan, Samosir, Tarutung,  Jakarta, Bandung dan Manado,” tandasnya.(riz)