Ming. Jul 21st, 2019

Polda Sumut tangkap pelaku penyebar video hoaks surat suara tercoblos

fokusmedan : Polda Sumut akhirnya menangkap satu pelaku penyebar video hoaks surat suara tercoblos 01 yang dilaporkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut dan Medan ke Mapoldasu beberapa waktu lalu.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan saat dikonfirmasi prihal penangkapan ini menyampaikan, bahwa pelaku ditangkap oleh petugas Subdit V/Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut, dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada Kamis (14/3) lalu.

“Sudah diamankan, inisialnya adalah UR. Ia diamankan dari Jawa Barat dan merupakan warga sana,” sebutnya kepada fokusmedan.com, Selasa (18/3)

Ia menjeleskan, akun yang dipakai tersangka untuk menyebar video hoaks tersebut adalah akun palsu, dan selama ini lokasi akunnya juga selalu berubah-ubah. Pelaku diringkus setelah petugas menelusuri pertemanan di akun Facebook tersebut.

“Dari pertemanannya ditelurusi, kemudian dijebak dan tersangka berhasil diamankan. Jadi untuk menangkap tersangka yang kasusnya seperti ini itu tidak mudah,” bebernya.

Saat ini UR telah berada di Polda Sumut dan telah dilakukan penahanan. Penyidik pun masih melakukan pemeriksaan intensif untuk mengetahui motif tersangka menyebarkan video hoax yang menuding KPU Sumut curang tersebut.

“Kalau motifnya masih diselidiki, pelaku sudah ditahan,” tandasnya.

Sebelumnya, KPU Sumut dan Medan resmi melaporkan video hoaks surat suara tercoblos 01 ke Mapolda Sumut, Minggu (3/3) lalu.

Laporan dibuat karena video tersebut dianggap dapat memprovokasi dan menjelekkan nama baik KPU sebagai penyelenggara Pemilu.(riz)