KABAR MEDAN

Polisi amankan sidang JR Saragih-Ance, massa pendukung diimbau hotmati keputusan

fokusmedan : Guna mengamankan putusan terkait sengketa Pilgubsu 2018 agar berjalan aman dan kondusif di Kantor Bawaslu, Sabtu (3/3), Polrestabes Medan melakukan pengawalan ketat sebanyak 500 personel diturunkan.

Polisi juga mengerahkan 1 unit water canon, 1 unit kendaraan escape, 1 unit security barier, dan 1 set door. Bahkan, pengamanan ketat juga berlaku di Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, dengan menambahkan 2 pleton personel kepolisian.

“Jadi untuk kesiapan pengamanan sidang, jumlah personel kita libatkan, lebih banyak dari sebelumnya, bila sebelumnya 250 personel, untuk besok (Sabtu-Red) sebanyak 500 personel dilibatkan,” ujar Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP I Gede Nakti Widhiarta kepada fokusmedan.com, Sabtu (3/3).

Ia menjelaskan ratusan personel nantinya, akan melakukan pengamanan melekat di Kantor Bawaslu. Selain itu, polisi juga melakukan penggalangan terhadap massa yang hadir agar menerima apapun keputusan.β€Ž

“Akan ada penyalaan 1000 lilin oleh massa pendukung, β€Ždan upaya-upaya yang kami lakukan, kita upaya preeventif, kita melakukan penggalangan supaya massa pendukung jangan sampai anarkis bisa menerima hasil keputusan,” terangnya.

Ia menegaskan pihaknya akan melakukan tindakan sesuai dengan protap, bila dalam bacaan putusan itu berlangsung ricuh.β€Ž

“Walau terjadi chaos, ktetap protap kita laksanakan, semua tahapan mulai dari negoisasi kita lakukan, kita tidak mau bertindak di luar prosedur,” jelasnya.

“Himbauan kami kepada massa pendukung yang datang bisa kondusif jangan terpancing dan bisa menerima apa yang menjadi keputusan bawaslu,” tukasnya. (rio)β€Ž