KABAR MEDAN

Polisi amankan tersangka pencetak uang palsu

fokusmedan : Seorang warga Singkil berinisial SPK (41) diamankan personel Polsek Sunggal atas kepemilikan uang palsu dengan mencetaknya sendiri.

Kapolsek Medan Sunggal Kompol Yasir Ahmadi kepada fokusmedan.com, Selasa (12/2) memaparkan, tersangka diamankan setelah mendapat informasi dari warga mengenai uang palsu yang dimilikinya.

Usai menerima laporan Sabtu (9/2) lalu, personel  lalu menemui SPK yang saat itu berada di kawasan Amplas, Jalan Sisingamangaraja, Medan

“Ketika tersangka diamankan, ,ditemukan 2 lembar uang Rp100 ribu dan 2 lembar uang Rp 50 ribu yang diduga palsu. Saat ditanya, tersangka mengaku jika uang palsu tersebut dicetaknya sendiri di rumah orangtuanya,” terangnya.

Selanjutnya, personel  kemudian membawa  SPK ke rumah orang tuanya di Jalan Teuku Amir Hamzah, Gang Makmur Kecamatan Binjai, Langkat.

“Dari rumah orang tua tersangka ditemukan uang palsu sebanyak 16 lembar, yakni 3 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu, 11 lembar pecahan uang palsu Rp 50 ribu dan 2 lembar uang palsu Rp 20 ribu. Kemudian 1 unit printer Canon MP 287 yang digunakan pelaku untuk mencetak uang palsu tersebut,” jelasnya.

Berdasarkan pemeriksaan,  diketahui motif pelaku mencetak uang palsu tersebut hanya untuk iseng saja. Hal itu dilakukannya untuk menunjukkan kepada sesama temannya jika ia memiliki uang palsu.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, SPK dipersangkakan dengan Pasal 26 Jo Pasal 36 Ayat (1) dan (2) UU RI No 7 Tahun 2011 tentang mata uang. Karena telah melakukan tindak pidana memalsukan mata uang dan uang kertas negara serta uang kertas bank.(riz)