KABAR MEDAN

Polisi gagalkan peredaran sabu 9 Kg asal Aceh

fokusmedan : Dua pelaku yang berperan sebagai penyimpan dan pengedar beserta seorang kurir narkotika jenis sabu seberat 9 Kg ditangkap Sat Reskrim Polrestabes Medan.

Penangkapan ini berdasarkan informasi masyarakat  yang menyebutkan adanya sabu asal Aceh disimpan di rumah seorang warga.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan,  pengungkapan pertama sebanyak 8 Kg sabu.

“Saat dilakukan penyelidikan dan mengetahui  keberadaan tersangka AY di Jalan Kapten Sumarsono, Desa Helvetia, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, langsung dilakukan penangkapan,” ujarnya kepada fokusmedan.com, Kamis (14/3).

Ia mengatakan, sabu seberat 8 Kg tersebut disimpan di rumah tersangka di Komplek Bumi Asri, Kecamatan Medan Helvetia.

“Tersangka mengaku sabu itu dikirim oleh seseorang dari Aceh berinisial , MD melalui kurir berinisial AK yang keduanya kini sedang diburu (DPO). Tersangka juga dijanjikan akan diberi imbalan Rp 50 juta untuk menyimpan barang terlarang tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk pengungkapan 1 Kg sabu juga berdasarkan informasi terkait pengiriman sabu asal Aceh ke Medan via bus. Setelah terdeteksi, seorang kurir berinisal ZR yang saat itu berada di Loket Bus Sempati Star, Jalan Asrama Kecamatan Medan Helvetia langsung diamankan.

Berdasarkan pengakuannya, ZR disuruh H untuk mengatarkan sabu dari Pidie Jaya menuju Medan. Karenanya, petugas saat ini juga sedang memburu tersangka H.

“Kota Medan kini menjadi tempat pemasaran dan penyimpanan sabu asal Aceh,” pungkasnya.(riz)